racun dalam makanan

Racun dalam makanan kita?

Mungkin kita tidak menyangka, jika dalam makanan sehari-hari yang kita makan bias terdapat bahan-bahan yang dapat mengakibatkan keracunan.Sudah sering kita dengar berita tentang keracunan makanan, setelah mengonsumsi jatah makan siang, sehabis menghadiri pesta pernikahan,maupun sehabis makan makanan tertentu seperti jamur. Mungkin beberapa diantaranya sudah kita ketahui,seperti racun dalam singkong (Manihot Utilissima) terdapat zat glikosida cayanogenik. Zat ini dapat menghasilkan asam sianida (HCN) atau senyawa asam biru yang bersifat sangat toksik (beracun). Umbi dan daun singkong yang mengandung racun biasanya ditandai dengan berasa pahit dan baunya langu. Perebusan dan perendaman dalam air mengalir dapat mengurangi kandungan racun yang terkandung karena, sifat dari asam sianida larut di dalam air.

Pada jengkol mempunyai asam jengkolat yang dapat menyebabkan keracunan yang di tandai dengan susah buang air kecil, karena tersumbatnya saluran kencing, hal ini pernah terjadi pada tetangga di kampungku, karena tergiur oleh cerita lezatnya makan randang jengkol di rumah makan padang, mungkin mencoba mengolahnya sendiri tetapi tidak dengan prosedur yang benar,sehingga racunnya masih tersisa. Akibatnya menderita tidak bisa buang air kecil selama seminggu dan mungkin sekarang kapok untuk makan jengkol.

Mungkin kita tidak menyangka jika dalam kentang juga terdapat racun,SOLANIN. Kandungan solanin ini dapat menyebabkan mual,muntah dan diare.Solanin ini berada di bagian dekat kulitnya Ciri-ciri kentang yang mengandung solanin daalm jumlah banyak adalah terdapat tunas pada umbi kentang tersebut atau terdapat bercak kehijauan pada kulit kentang karena disimpan dalam jangka waktu lama. Untuk menghindari keracunan solanin ini dapat dengan meengupas kulit kentang cukup tebal dan merendamnya dalam air yang dicampur sedikit garam.

Yang perlu diketahui adalah pertolongan pertama klo terjadi keracunan makanan,

Usahakan korban dapat mamuntahkan makanan tersebut, bila sudah terlanjur tertelan

Atau ada saran dari para sesepuh dulu, jika air degan kelapa hijau dapat juga untuk pertolongan pertama, jika kesulitan, guanakan saja susu untuk menetralkan racunnnya dan biasanya merangsang untuk muntah.

Jangan lupa tablet norit yang juga dapat digunakan untuk pertolongan pertama. Jika gejala keracunan belum juga dapat diatasi, segera saja bawa ke puskesmas atau rumah sakit untuk mendapat pertolongan lebih lanjut.. 

referensi : waspada online,wikipedi,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s