akhirnya terhubung juga…. karmic koala dan modemnya

Setelah belajar di dunia maya, akhirnya bisa juga menghubungkan modem option glob*trotter di Karmic Koala, bisa jalan-jalan ke tempat-tempat yang jauh dari sini, Sebelumnya di tempat biasa sudah bisa nyambung memakai LAN, semua tidak bermasalah. Cuma ketika dicoba memakai modem, harus mencari-cari settinganya, karena kalau di query tidak terdeteksi.

dengan berbekal mantra
wvdial,
tidak mempan juga, hmm selidik punya selidik, ternyata belum tau dimana letak hardware ini, padahal di task bar sudah nampak ikonnya, gambar HaPe, tapi not connected.

merapal lagi dengan mantra :
sudo lsusb -v
-supaya dicetak semua hasil scanning port usbnya, ketemu juga letaknya modem

idVendor 0x0af0 Option
idProduct 0x7001
bcdDevice 0.00
iManufacturer 1 Option N.V.
iProduct 2 Globetrotter HSUPA Modem
iSerial 4 Serial Number
bNumConfigurations 1
Configuration Descriptor:

nah, sekarang gimana supaya dikenali sebagai modem, bingung.. hehehe…

iseng aja pake mantra
sudo modprobe usbserial vendor=0x0af0 product=0x7001

ternyata, mantra tidak dikenali. ,huff cari mantra lainnya..
sudo wvdialconf
hmm, modem terdeteksi di /dev/tty/usb0.
dapat juga… dan akhirnya dilanjut memakai KPPP buat dial upnya, hehe bukanya pake wvdial, –seharusnya tinggal meneruskan aja wvdialconf itu kan?? —

setting modem di /dev/tty/usb0, coba di query, koq gak nyambung juga ya,
unable to open modem
huff, ada apa lagi ini..

yo dari pada bingung lebih lama, akhirnya eksekusi aja KPPP nya, setelah settingannya menyesuaikan dengan providernya, modem tetap di set pada /de/ttyusb0

dan akhirnya. tersambung juga, hehe Alhamdulillah..

hal yang aneh, ikon di taskbar masih not connected, tapi sudah bisa dipakai buat menjelajah web,

Finally.. surfing with Karmic Koala.

next…

4 thoughts on “akhirnya terhubung juga…. karmic koala dan modemnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s