Live Ubuntu 10.04 dari UFD

Semua pasti sudah sering mendengar kalau Linux dengan distro Live CD bisa dijalankan dari CD tanpa harus menginstall OS tersebut kedalam hardisk. Dengan live CD, kita bisa mencoba Linux Operating System tanpa mengganggu operating system yang sudah ada didalam hardisk/ komputer. Live CD juga berguna untuk recovery data jika komputer tidak bisa di akses karena diblokir virus, biasa pada W**dow$ sehingga data-data yang penting tidak bisa kita ambil karena folder dan filenya di sembunyikan oleh virus. Dengan live CD, kita tetap bisa mengakses partisi yang ada pada hardisk kita, bahkan file-file yang disembunyikan  oleh virus langsung tampak (menjadi unhidden). Bahkan virus yang berbentuk file (biasanya induk virusnya) bisa kita hapus sehingga ketika booting dengan Operating system yang ada di komputer, virus tersebut tidak bisa aktif kembali.

Setelah baca-baca artikel tentang USB booting dari sini dan mendapatkan link downloadnya dari sini, saatnya beraksi. Download ISO Ubuntu ataupun turunannya dari kambing,  -hehe, cari server yang deket rumah je, – yo karena ditinggal semaleman, besok pagi sudah selesai downloadnya, langsung coba aplikasi UNetbootin ke flashdisk 2 GB. gak perlu lama instal aplikasi ini, tinggal pilih file ISO yang sudah di download lalu pilih drive flashdisknya, maka program akan berjalan dan membuat bootable flashdisk. huff…. dan akhirnya selesai.

Untuk membuat bisa booting dari flashdisk, caranya seperti biasa :

  1. Masuk ke bios dan jalankan urutan booting nya dari USB HD (jika bios mendukung untuk booting dari flashdisk)
  2. Setelah urutan booting diletakkan pada prioritas pertama, jangan lupa simpan pengaturan itu / di save ( biasanya dengan menekan tombol F10) dan biarkan komputer restart.
  3. Ketika restart dan masuk menu booting, akan ada pilihan, cukup pilih default dan proses booting akan lanjut..tidak sampai 5 detik, logo Ubuntu sudah muncul ( wew.. cepet sekali proses bootingnya)
  4. dan tratataaaaa….. Ubuntu desktop hadir di hadapan anda, saatnya mencoba modem, pasang, cari menu networking dan…hmmm ternyata modem Option ku langsung dikenali (detect)..hehehe..manteb dah, gak perlu pake driver lagi. Tinggal setting parameter dan icon connection langsung muncul di pojok kanan atas,
  5. Klik icon tersebut dan pilih profil yang dibuat di network connection  ( System-Preference-Network Connection), and connect… tunggu sebentar, jika jaringan baik, akan segera terhubung….dan………. hehehe… online.
  6. Silahkan browsing chatting, karena aplikasi standar sudah ada, dengan mozilla untuk browsing dan emphaty untuk IM.

Jika perkiraanku tidak salah, UNetbootin ini bisa untuk bikin Bootable flashdisk, maka bisa juga untuk buat instal W**ndo$ XP dan keluarganya jika sudah punya file ISOnya, hehe..jadi lebih gampang bikin customable XP dengan NLite, setelah jadi File ISOnya di burn ke Flashdisk dengan UNetbootin ini ya, hehe… jadi gak bingung lagi gimana caranya install OS ke Netbook dan Notebook yang tidak punya optical diskdrive, kalu USB pasti ada  – alasan beli Notebook kosong biar lebih murah, dan install ulang netbook yang bawaannya XP asli tapi tidak ada partisi recoverynya didalam hardisk)

8 thoughts on “Live Ubuntu 10.04 dari UFD

  1. saya kemaren coba lucid live UFD (pake unetbootin juga)
    tapi kok error yah? ngehang waktu udah masuk di linuxnya.
    pertama waktu mau ganti resolusi monitor, satu lagi waktu mau coba empathy..
    jadi aja kembali ke slekwer😀

    btw salam kenal. nais inpo gan..

    • error masuk linuxnya, berarti udah sampe tampilan xwindownya, ya Gan.. mungkin ada hardware yang gak kedetek, selama saya pake tadi, komputernya masih lancar-lancar saja, tetapi baru sebatas untuk surfing dan chat.
      klo sudah masuk UNetbootin, biasa pake menu default, belum coba untuk menu yang lainnya, yang harus merubah parameter, itu yang belum familier.
      wedew, biasa pake slackware, pasti dah jago pake terminal yak… thanks dah berkunjung,

  2. wkekeke.. ya terminal bus atawa kenek gak papa, tapi klo terminal keberangkatan 1A ato 1 B itu lebih canggih lagi, jangan-jangna jadi pilot…😀

  3. pak saya dah coba install lucid pake ufd tapi error waktu di grub nya…kenapa ya pak?mohon pencerahannya dong pak hehehe…

    • lucidnya udah terinstal atau belum?? kalau sudah terinstall, mungkin mulai dari edit grub dulu, grubnya eror tidak mau mendeteksi OS yang lain? atau grub tidak mau terinstal?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s