Setting proxy dan authentifikasinya di Kubuntu

lama gak ngoprek dekstop di ruangan, iseng dapat ide buat pasang pinguin di situ , gara-gara kemarin banyak yang kena virus Link a.k.a shortcut. walau sekarang sudah banyak antivirus yang bisa deteksi dan menghapusnya, tapi sewaktu awal diserang, banyak flashdisk yang jadi korban serta data yang disembunyikan. untungnya masih ada amunisi cadangan di dekstop ini, pake Linux Mint. hehehe…. data-data masih bisa di ambil dan file virusnya di hapus secara manual.

Pilihan memakai Linux Mint dikarenakan kemudahnnya,. Hampir semua paket dan codec untuk memutar multimedia sudah terpasang, jadi tinggal instal dan mainkan. Hambatan utama kalau memakai jaringan , semisal proxy dipermudah untuk settingnya , karena sudah user friendly, dengan memilih menu dan tinggal centang serta isi settingannya, termasuk user dan password. Pilihan menu ada di application-proxy setting. Masukkan alamat proxy dan user serta passwordnya.

Tapi yang bikin bingun, ketika akan melakuakn updata packet program. -perintah apt-get update, tidak bisa detect host nya.. hmm, biarlah, asal masih bisa instal-instal paket program lewat synaptic dan browsing lewat chromium, karena untuk settingnya bisa ditemukan di dalam program.Pada synaptic terdapat di menu preference, pada chromium di menu optionnya.

Kesulitan mulai timbul setelah install Kubuntu di komputer lain. hmm, karena untuk pilihan menu tadi ada di Ubuntu. Pada Kubuntu, untuk sekedar setting proxy sudah bisa dilakukan lewat GUInya,pada menu setting system- Network- proxy. Cuma, untuk user dan passwordnya tidak bisa diisikan, hal ini akan menyulitkan untuk melakukan update paket program. Tapi untunglah masih bisa instal browser chromium melauli browser bawaannya Kubuntu – konqueor- , ” hehehe, google chrome dah jadi browser favorit je,. piss ”

hunting buat menyelesaikan permasalhan ini, ternyata itu masuk dalam salah satu bug dari Kubuntu, banyak yang mengalaminya juga. hmm.. semua cara yang diberitahu dalam forum sudah di coba, tetep aja belum berhasil. msial dengna mengubah bashrsc, mengisi apt.conf.

akhirnya menemukan sumber ini , ada tambahan unutk mengubah settinganya. pada apt.conf tersebut. hmm, akhirnya, bisa juga running apt-get updatenya. hehehe.. berhasil juga tuk menambah paket program dan update2 bug melalui proxy ini, yang sbelumnya susah tuk dilakukan.

perintahanya melalui menu konsole, tapi nanti akan terbiasa koq.

ketik : $ sudo kate /etc/apt/apt.conf

pada apt.conf isikan baris berikut ini

#Acquire { http { Proxy ‘false’; }; };
Acquire::http::Proxy “http://usern:passwd@proxy.domain.com:port_num”;

simpan file tersebut dan tutup .

lalu jalankan  $ sudo apt-get update

pada kasus di komputer ini, hal ini bisa berjalan, semoga  solusi ini membantu masalah yang sama mengalaminya juga. Selamat mencoba.

2 thoughts on “Setting proxy dan authentifikasinya di Kubuntu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s