sedekah, untuk membeli kebahagiaan

siapa bilang uang tidak bisa membeli kebahagiaan??. begitu judul tulisan yang ada  disini . setalh di baca, ternyata maksud tulisan ini bukanlah untuk berlaku konsumtif dengan membeli semua barang dan memenuhi smeua keinginan kita dengan adanya uang. Maksud utamanya adalah berbagi kebahagiaan dengan uang yang kita miliki dengan cara memberikan kepada mereka yang berhak serta mereka yang membutuhkan. bisa jadi studi ini menambah referensi jika manfaat sedekah itu bisa menambah kebahagiaan. karena jarang sekali kita mendapatkan penjelasan secara ilmiah ataupun ada orang yang melakukan studi tentang sedekah yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Padahal banyak sekali buku-buku yang menulis tentang manfaat sedekah, seperti tulisan Ustadz Yusuf mansur ataupun Ippho , tentang keajaiban sedekah. so.. setelah membaca ini, ada yang semakin mempercayai keajaiban sedekah??

berikut copy artikelnya :

Siapa Bilang Uang Tak Bisa Membeli Kebahagiaan?

Eya Ekasari – wolipop

Jakarta – Anggapan yang mengatakan bahwa ‘uang tidak bisa membeli kebahagiaan’ sepertinya tidak selalu benar. Menurut profesor di Harvard University, uang bisa memberikan kebahagiaan jika diberikan untuk orang lain.

Michael Norton, seorang profesor di Harvard Business School, mengatakan bahwa uang yang dibelanjakan bukan untuk diri sendiri, melainkan orang lain akan mendatangkan kebahagiaan. Tanpa peduli, bagaimana cara membelanjakannya, apa yang diberikan atau berapa banyak jumlahnya.

“Jika Anda berpikir uang tidak bisa membeli kebahagiaan, berarti Anda tidak menghabiskannya dengan cara yang tepat. Anda harus berhenti memikirkan produk apa yang akan dibeli, dan cobalah memberikan sesuatu kepada orang lain, “ujar Norton, seperti yang dikutip dari Huffingtonpost.

“Alasan bahwa uang tidak membuat kita bahagia adalah karena kita selalu menghabiskan pada hal-hal yang salah, dan khususnya kita selalu menghabiskannya untuk diri sendiri. Orang yang yang habiskan uang untuk diri sendiri akan selalu merasa tidak cukup atau puas,” jelas Norton lagi.

Pernyataan Norton tersebut bukan berasal dari hasil pemikirannya saja, melainkan juga berdasarkan penelitian di University of British Columbia. Penelitian tersebut menemukan, pelajar yang menghabiskan uangnya untuk orang lain jauh lebih bahagia. Sedangkan bagi pelajar yang menghabiskannya sendiri, tidak terlalu bahagia.

Menurut penelitian yang dikutip oleh Norton, hang-out bersama teman-teman sepulang kantor bukanlah hal yang sia-sia. Kenyataanya, pekerja yang mengeluarkan uangnya saat ‘happy our’ –jam 4 sore sampai 8 malam– untuk teman-temannya justru memiliki performa kerja yang baik. – ini yang bikin boros.. hehe, bukan sedekah di tempat yang tepat.😀

“Uang sering buat kita merasa egois dan kita hanya melakukannya untuk diri sendiri. Tapi membelikan sesuatu untuk orang lain bisa memberikan dampak besar lebih dari uang yang Anda belanjakan sendiri,” tutup Norton. – ini yang merupakan manfaat sedekah, setuju ?? 

2 thoughts on “sedekah, untuk membeli kebahagiaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s