Virus lagi, sality menyerang.

Libur lebaran di rumah bukannya bisa sedikit melepaskan ketegangan pikiran, tetapi masih saja dapat  pekerjaan maintenance komputer yang ada di rumah.  Awalnya ku sangka komputer ini cuma kena virus yang ringan ringan saja , seperti kena virus flu, tetapi ternyata birus yang menyerang lebih gawat, virus sality.  Langkah akhir dengan menginstall ulang komputernya ini belum membuahkan hasil, virusnya masih bercokol di sistem. Sepertinya  langkah yang dilakukan dengan menginstall kembali program apa saja yang diperlukan setelah install ulang merupakan penyebabnya

virus ini sudah  menginfeksi program program tersebut sehingga membuat setiap kali menginstall ulang program tersebut membuat vlirus berkembang biak. Jadi sekalipun antivirus dipasang setelah install program program terebut,seolah olah tidak berguna lagi.
Bahakan avast anti virus tidak bisa di install, file master yang di copy ke hardisk langsung di hapus oleh virusnya. Juga di coba membuka situs – situs antivirus seperti norman, avast,avira, pasti mengalami gagal koneksi. Kalaupun bisa mendownload program untuk membasmi,bisa dipastikan gagal ketika hampir selesai mendownload  ( 90% progress)

akhirnya linux harus kembali beraksi. Dengan menggunakan distrolinux mint, beberapa file virus bisa dihapus. tetapi saat kembali lagi ke sistem jendela, virus kembali beraksi. File induk virus sudah menginfeksi file system sehingga tidak bisa dihapus secara manual dari linux.
Kembali mengembara ke dunia maya,akhirnya didapatkan tips untuk mengatasi virus ini.
* download norman malware cleaner,ganti ekstensi file dari . Exe menjadi . cmd agar tidak di infeksi virus (sumber : kaskus)
* gunakan sality cleaner / sality killer. Karena ini termasuk virus yang lama , sehingga banyak antivirus yang mwmpunyai single file sebagai sality cleaner atau sality killer ( sumber : kaskus)
* mulai memperkenalkan menggunakam OS LINUX, sehingga tidak lagi dipusingkan dengan virus virus yang berkembang dari flashdisk ke flashdisk.

Sedikit berbagi cerita di liburan lebaran ini..
Selagi masih masuk bulan syawal, menyampaikan : taqobalallahu minna waminkum taqobbal ya karim, mohon maaf lahir dan batin. Selamat hari raya Idul Fitri 1434 H.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s