perjalanan ke barat

Perjalanan ke barat, tetapi bukan untuk mencari kitab suci, – refer to film sun go kong –😀

alhamdulillah, kesampaian juga menjejakkan kaki di pantai barat Indonesia, pulau Weh. Walau bukan pulau paling barat Indonesia, karena pulau paling barat Indonesia adalah  pulau Rondo.

Screenshot_2013-12-20-15-14-52

posisi dg GPS

Screenshot_2013-12-20-15-16-06

mencoba membuktikan  kemampuan tagging dari perangkat komunikas,untuk menunjukkan posisi melalui koordinat GPS.🙂,dan akhirnya berhasil juga menunjukkan lokasi saat itu dengan baik.

Pelabuhan penyeberangannya di Ulee Lheu , mau menyeberang sudah dihadang ombak besar, yang cukup terasa ketika menggunakan kapal cepat. terdapat juga penyebrangan dengan kapal fery, – istilahnya jadi kapal lambat- yang relatif masih aman menerjang ombak.. Karena lembur samapi jam 3 pagi, alhasil ketika dikapal cepat langsung tertidur ketika kapal jalan. jadi ketika posisi kapal miring karena menerjang ombak besar , tak terasa. Mungkin jika  terjaga, bisa kena mabuk laut…😦

DSC_0022 DSC_0021

tiket penyeberangannya perorang  Rp 70.000 dengan kapal cepat dan Rp 30.000 dengan kapal ferry.

gerbang di pelabuhan sabang

gerbang di pelabuhan sabang

tempat yang dituju di sabang sudah pasti tugu titik nol kilometer. walaupun secara geografis, titik nol indonesia ada di pulau Rondo, sebuah pulau karang di barat pulau Weh. Disana hanya dihuni oleh para prajurit TNI sebagai penajga kedaulatan laut Indonesia.

pulau Rondo dilihat dari pulau Weh

pulau Rondo dilihat dari pulau Weh

dan inilah tugu titik nol Indonesia

DSC_0030

prasasti

DSC_0031

sebagai kenang kenangan telah samapi di tugu Nol km Indonesia, pemkot Sabang membuat souvenir berupa sertifikat  yang menyatakan kita sebagai orang nomor … yang telah sampai ditugu nol km dan diriku tercatat sebagai pemegeang nomor 84432.

seperti ini penampakan sertifikatnya

setifikat nol km

setifikat nol km

. titik koordinat GPS tugu nol km juga dibuat disitu. sayangnya ada tangan tangan yang kreatif mebuat tulisan di prasasti tersebut sehingga ketika difoto  mengganggu pemandanganya  :)

. sebagai daerah sebuah pulau, tentunya dikelilingi oleh pantai. wisata pantai menjadi tujuan selanjutnya  di sini. Pantai terdekat dari tugu Nol km adalah pantai Iboih.

Pantai dengan pasit putihnya membuat segar pemandangan. sambil menikmati birunya langit dan tiupan angin. diseberang pantai Iboih terdapat pulau Rubia. Pulau ini sering menjadi lokasi untuk snorkling. jika keadaan angin barat sedang baik, lokasi snorkling bisa di sisi lain pulau rubiah, dengan posisi lebih ke laut lepas. menurut pemandunya, biota lebih beragam.

DSC_0034

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s