me-remote handphone yang hilang, tapi tidak akan kembali lagi

Karena suatu kejadian, hp bundanya bagas harus tidak bisa pulang ke rumah lagi, terjatuh dan diselamatkan orang lain. Yang jadi permasalahan adalah data data yang ada di handphone tersebut, seperti nomor kontak, perbincangan di whatsapp baik itu yang pribadi ataupun pekerjaan, maupun foto foto keluarga yang bisa saja disalah gunakan. Semoga hal itu tidak terjadi ya. Untungnya untuk hp sony itu, fitur my xperia sudah ku aktifkan, jadi bisa dilacak, dilock, bahkan dihapus. Fitur ini bisa dicari pada bagian security, cari myxperia. Setelah diaktifkan, nanti bisa dilanjutkan settingan  via web ini  (https://myxperia.sonymobile.com/). Setelah login dengan email yang sama dengan email pada  hp android tersebut, maka akan muncul tipe hp yang sudah disetting fitur myxperia tersebut. Dari web tersebut bisa kita lacak, kunci/lock dan hapus data pada hp tersebut.

Fitur bawaan untuk android yang hilang ini juga ada, dengan login menggunakan email gmail pada hp pada web ini (https://www.google.com/android/devicemanager). cara kerja sistemnya sama, dengan melacak, mengunci dan menghapus data pada hp.

Ada banyak aplikasi sejenis di playstore android. semua bebas memilih. seperti where my droid, find my phone. Cuma mungkin ada keterbatasan untuk kapasitas simpan (storage) dan RAM (memori), jadi fitur bawaan ini bisa digunakan tanpa harus menginstall aplikasi bawaan.

Lanjut ke permasalahan awal, tanpa menunggu lama, setelah mendapat laporan hp hilang segera kucoba untuk melacak hp tersebut, kira kira berada dimana. Mungkin saja jatuhnya gak jauh dari rumah jadi bisa dicari. Sayangnya kedua fitur diatas itu akan tidak berguna ketika hp di matikan, atau koneksi internetnya dimatikan.  Ketika ditelpon dan di sms masih bisa masuk tapi ya tetep saja tidak diangkat ataupun dibalas pesannya. Okelah, mungkin memang sudah ceritanya hp tersebut sampai disitu setelah 2 tahun dipakai, digunakan opsi untuk menghapus data dari hp tersebut, dengan pertimbangan keamanan data.  Segera di eksekusi, cuma karena mungkin sudah dimatikan, tidak bisa langsung terlihat hasilnya ( akan ada notifikasi lewat email jika proses kunci (lock) atau hapus tersebut berhasil). Dengan harapan ketika nanti hp diaktifkan, fitur internetnya pasti akan menyala, dan benar, ketika dinihari mencoba lagi untuk menghapus data, dapat notifikasi kalau proses penghapusan data sudah berhasil.

Walau hpnya tidak akan kembali, tetapi paling tidak data yang ada tidak disalahgunakan. Amiiinn..

Untuk hp xiaomi juga ada fitur tersebut, terdapat pada mi cloud / mi account. Masuk dulu / login dengan mi account, lalu pilih mi cloud dan aktifkan find device.

selanjutnya untuk mencoba fitur tersebut, bisa login pada mi.com lalu masuk ke mi cloud , yaitu dari mi account, pilih produk lalu mi cloud. tentunya akan diminta lagi login dengan account  mi.com yang tadi. lalu akan ada tombol pilihan find device pada bagian sebelah kanan.

Cuma fitur find device terus terang tidak banyak berfungsi , karena sama sekali tidak bisa menunjukkan lokasi . dan ketika dicoba untuk alarm, juga gak bisa berbunyi. Akhirnya masalah muncul, ketika mencoba fitur lock. Harusnya ketika proses itu berjalan, akan diminta memasukkan code untuk membuka kunci tersebut, berbeda dengan  password mi account. Yang terjadi adalah tidak ada proses diminta memasukkan kode tersebut dan setelah beberapa jam, tiba tiba hp minta untuk memasukkan kode untuk meng-unlock sehingga hp bisa digunakan kembali, seperti yang terlihat pada postingan di grup  . untuk langkah yang seharusnya dilalui ada pada postingan ini.

Jadi apa yang terjadi, hp nya gak bisa masuk ke home screen karena tidak bisa di unlock, karena ada langkah yang tidak dilalui, mungkin karena gangguan server.

 

Jika hp ini memang benar benar hilang, mungkin tidak menjadi masalah jika memang terkunci. Tetapi jika hp tersebut buat ujicoba, maka hal itu akan menjadi masalah. Karena walau posisi terkunci, tertapi karena koneksi data masih aktif, ya pesan pesan lewat aplikasi  WA, telegram akan tetap masuk. tentu tidak bisa membalas pesan pesan itu.

Untung saja ketika dikoneksikan melalui mi pc suite, masih bisa untuk melihat isi internal memori,sehingga masih bisa diselamatkan data data tersebut sebelum diambil langkah akhir – INSTALL ULANG dengan MIUI terakhir.😀

update : mungkin opsi factory reset dari luar siste bisa menghapus lock ini, masuk ke boot mode, lalu factory reset. Dan jika trik ini dilakukan oleh orang yang  menemukan hp yang jatuh, maka sudahlah, hp itu gak bisa dilacak lagi dan data yang didalam hp sudah terhapus, tetapi untuk beberapa kasus, data di sd card masih ada dan masih bisa terbaca, juga ada juga data pada internal memory juga masih ada walau sudah dilakukan factory reset dari boot mode ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s