Proposal Hidup

terinspirasi melihat tayangan Chatting dengan YM, dengan bintang tamu Bpk Jamil Azzaini, penulis buku sukses mulia. Beliau bercerita tentang kehidupannya ketika masih di Lampung dan pelajaran hidup yang beliau dapatkan. Pada acara itu juga diceritakan bagaimana kita berdoa kepada Alloh SWT jika disertai dengan proposal hidup. apa yang akan engkau capai pada perjalanan hidup mu, sehingga kita bisa menjalani hidup dengan lebih baik serta terarah.

Untuk membuat proposal hidup itu, beliau menceritakannya dalam website pribadinya di jamilazzaini.com . untuk tahapannya sebagai berikut :

Langkah pertama, saya mencari tahu dan kemudian menuliskan semua kelebihan dan kekuatan yang ada pada diri saya. Beberapa diantaranya kekuatan saya yang jarang dimiliki orang lain adalah pengalaman perjuangan hidup yang saya alami, dimana sejak SMP saya sudah mencari biaya sendiri.  Selain itu, saya juga punya kelebihan dalam hal “story telling”, kemampuan memberdayakan orang-orang tertindas, kemampuan mengkader dan lain sebagainya.

Ternyata dengan menuliskan hal itu, saya semakin bersyukur kepada-Nya.  Saya akhirnya tahu bahwa dengan bersyukur ternyata hidup semakin bahagia.  Sayapun semakin takut membuang waktu percuma, enggan melakukan hal-hal yang tidak memberi manfaat untuk diri dan kebanyakan orang. Dampak lainnya, saya jarang mengeluh dan berpikir negatif.

Nah, sekarang saatnya Anda merenungkan apa kelebihan dan kekuatan Anda yang jarang dimiliki oleh orang lain? Renungkan.  Bila sudah ketemu, ayo segera tulis. Jangan hanya ada di pikiran.. [Eh… bandel ya, ayo tulis kelebihan dan kekuatan Anda sekarang juga].

Bila Anda belum bisa menemukan, waspadalah Anda akan sering kalah bersaing dengan yang lain yang tahu kekuatannya dan memanfaatkan kekuatannya. Jadi segera temukan dan tuliskan, jangan sepelekan hal ini.

Langkah kedua, temukan dan tuliskan prestasi terbaik yang akan Anda capai selama Anda hidup di dunia.  Dengan prestasi ini, orang tua Anda bangga. Pasangan hidup Andapun tidak menyesal mendampingi Anda. Putra-putri Anda penuh percaya diri punya orang tua seperti Anda. Nama Andapun dikenal oleh generasi-generasi setelahnya.  Yang lebih penting lagi, dengan prestasi itu Anda pantas meminta Surga dari-Nya.

Sebagai contoh… Prestasi terbaik saya adalah ingin menginspirasi lima juta orang dan satu juta diantaranya terangkat harkat dan martabatnya.

Apapun yang saya lakukan saat ini dalam rangka mewujudkan impian itu.  Saya menjadi inspirator, menulis buku, mengkader wirausaha, mengkader trainer, membangun perusahaan bahkan menghidupkan Website JA (JamilAzzaini.com) adalah dalam rangka impian itu.  Ternyata, cara inipun menjadikan saya fokus dan mengetahui prioritas.  Semua hal yang berhubungan dengan prestasi yang hendak saya raih adalah prioritas.

Nah, sekarang giliran Anda, tuliskanlah apa prestasi terbaik yang akan Anda torehkan selama hidup di muka bumi? Ingat ya, prestasi terbaik (tertinggi) selama hidup, bukan prestasi tahunan. Tuliskanlah sebanyak-banyaknya kemudian setelah itu rangkumlah menjadi satu kalimat seperti impian saya. Ayo tuliskan! Bila perlu tuliskan di sini agar orang lain tahu dan mendoakan Anda…  Ayo, segera tuliskan sekarang juga prestasi terbaik yang akan Anda torehkan!

Langkah ketiga, keempat, dan kelima akan saya lanjutkan pekan depan. Mengapa? Agar Anda memiliki waktu untuk menuliskan kedua langkah di atas. Jangan tunda, lakukanlah sekarang juga!

sumber : Jamilazzaini.com

dilanjutkan dengan tulisan keduanya , jika kita menemui kesulitan untuk memulai membuat proposal hidup :

Apakah Anda sudah menemukan apa kekuatan atau kelemahan Anda? Apakah Anda juga sudah menuliskan prestasi terbaik yang akan Anda capai selama hidup di dunia? Jika sudah, selamat Anda telah menemukannya dan jangan lupa tuliskanlah (baca Proposal Hidup 1). Bila belum menemukan, berhentilah sejenak dan jangan sepelekan hal ini.

Sekarang mari kita lanjutkan untuk membuat Proposal Hidup. Pada langkah kedua, Anda harus menuliskan prestasi terbaik yang akan Anda raih selama hidup. Itu adalah capaian jangka panjang. Sekarang buatlah target tahunan, apa yang akan Anda capai pada tahun ini?

Untuk memudahkan rincilah target tahunan Anda. Di dalam Proposal Hidup saya, tahun 2011 targetnya saya rinci berdasarkan: perusahaan, spiritual, media, pemberdayaan dan keluarga. Untuk perusahaan targetnya ada yang keuntungannya meningkat dua kali hingga sepuluh kali.

Sementara dalam aspek spiritual saya ingin sholat dhuha setiap hari, sholat tahajud setidaknya 80 persen (300 hari) dalam setahun. Selain itu sebelum tidur saya selalu bersyukur atas semua nikmat dan karunia hari itu.

Sedangkan di aspek media, target 2011 dalam Proposal Hidup yang saya tulis awal tahun itu saya tuliskan: follower twitter saya mencapai 15 ribu orang. Ketika itu follower saya baru 2512. Target 15 ribu follower menurut saya sangat menantang. Dan, alhamdulillah, target itu telah tercapai Mei 2011.

Selain twitter untuk media target saya tahun 2011 adalah menulis untuk Website JA(www.JamilAzzaini.com setiap hari (Senin-Jumat) minimal satu tulisan. Dan Alhamdulillah sampai saat ini target itu tercapai sehingga Anda bisa menikmati tulisan saya setiap hari di web ini.

Nah sekarang tuliskan target Anda dalam satu tahun. Sekali lagi rincilah sesuai dengan kebutuhan Anda.  Bisa dikelompokkan ke dalam spiritual, financial, kesehatan, hubungan sosial kemasyarakatan, bisnis, karir dan lain sebagainya. Semua pilihan terserah Anda.

Ayo berhentilah sejenak, tuliskanlah target Anda tahun ini. Rasakanlah, hidup Anda akan lebih bergairah dan penuh warna. Selamat mencoba.

Terus kunjungi website ini agar Anda mendapatkan langkah ketiga, keempat dan kelima dalam membuat Proposal Hidup. Jangan lupa tulisan ini dishare juga ya. he..he..he..

Setelah membaca Proposal Hidup (1) dan Proposal Hidup (2) saya berharap Anda sudah menemukan kekuatan dan kelebihan Anda. Selain itu, saya harap Anda juga sudah menemukan apa prestasi terbaik yang akan Anda torehkan dimuka bumi. Jangan lupa, tentukan pula target tahunan Anda. Bila perlu tuliskan di halaman web saya ini..

Sekarang saatnya menuju langkah ketiga dalam membuat Proposal Hidup: Tentukanlah expertise apa yang ingin Anda kuasai.  Expert adalah orang yang paling ahli di bidangnya. Contohnya, kalau saya sebut siapa ahli pesawat? Habibie pasti salah satu nama yang disebut. Kalau saya sebut basket? Pasti nama Michael Jordan juga muncul. Mengapa? Karena, mereka adalah ahli di bidangnya masing-masing.

Bagaimana caranya menjadi seorang expert? Awali dengan menemukan keahlian dengan mengajukan pertanyaan: “Untuk  mewujudkan impian saya, keahlian apa yang harus saya kuasai? Apakah dengan keahlian itu, saya sangat yakin impian saya dapat tercapai?”

Atau dengan cara menuliskan pekerjaan atau aktivitas yang Anda cintai. Tulis pula pekerjaan atau aktifitas yang benar-benar ingin Anda kuasai. Lalu, temukanlah pekerjaan atau aktivitas yang Anda cintai sekaligus Anda ingin kuasai.

Mulai hari ini, fokuslah pada hal itu dan jadikan mengasah expertise yang sudah dipilih menjadi prioritas dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Agar mempunyai dorongan yang kuat untuk terus berlatih meningkatkan expertise, pastikan expertise Anda menghasilkan sesuatu dan memberi manfaat kepada banyak orang. Selain terus berlatih, Anda juga harus mencari komunitas yang mendukung peningkatan expertise Anda.

Setiap hari saya melatih kemampuan saya memberikan training melalui berbagai metode khususnya story telling. Mengapa? Karena memang saya ingin menjadi trainer yang sangat ahli di bidang itu.

Selain itu, saya juga ingin ahli dalam melahirkan orang-orang berbakat. Saya mendirikan Indonesia Inspiring Movement sebagai suatu wadah melahirkan trainer-trainer berkelas. Saya jadikan kegiatan ini sebagai prioritas dalam aktifitas sehari-hari.

Saya juga mendirikan Pesantren Wirausaha sebagai upaya melahirkan para wirausaha muda di Indonesia. Sejak tahun 2000, program ini sudah saya jalankan. Semua aktivitas itu mengarah pada satu keahlian bagi saya, yaitu Inspirator SuksesMulia. Apa maknanya? menginspirasi jutaan orang melalui training dan kaderisasi untuk mewujudkan kehidupan terbaik: SuksesMulia.

Nah pertanyaanya sekarang, Anda ingin ahli dalam bidang apa? Atau dengan kata lain, Anda ingin dikenal sebagai ahli apa? Ayo, tuliskanlah segera.

Saya berharap Anda sudah menuliskan langkah ke satu, kedua dan ketiga (baca: Proposal Hidup 123). Sesungguhnya bangunan yang besar itu tersusun dari bahan-bahan yang kecil dan saling menguatkan. Impian besar Anda tak mungkin terwujud bila Anda mengabaikan hal-hal kecil dalam hidup Anda. Hal-hal kecil itu bisa dilakuan mulai sekarang.

Agar mimpi Anda kelak memiliki pondasi yang kokoh maka langkah keempat dalam membuat Proposal Hidup adalah: Sempurnakan Hidup Anda mulai sekarang.  Apa yang perlu disempurnakan? Pikiran dan hati Anda yang tercermin dalam sikap dan perilaku.

Untuk melakukannya, Anda perlu membuat 4 kolom:

  • Kolom pertama, tuliskan sikap dan perilaku negatif yang akan Anda buang.
  • Kolom kedua, tuliskan sikap dan perilaku yang akan Anda kurangi.
  • Kolom ketiga, tuliskan Sikap dan perilaku yang akan Anda tingkatkan.
  • Kolom keempat, tuliskan sikap dan perilaku positif baru yang akan Anda lakukan.

Apabila Anda bingung mengisi kolom tersebut, tanyakan kepada orang-orang terdekat Anda. Mintalah mereka memberi masukan tentang diri Anda sesuai dengan kolom yang sudah Anda buat.

Langkah kesatu sampai keempat itu tentang diri Anda. Impian besar Anda akan semakin cepat tercapai bila Anda mendapat dukungan dari lingkungan Anda. Maka langkah kelima dalam membuat Proposal Hidup adalah: Sempurnakan Lingkungan Anda.

Anda ingin menjadi pengusaha? Masuklah dalam komunitas pengusaha. Misalnya Komunitas Tangan Di Atas (TDA). Anda ingin menjadi “bintang” bergaulah dengan orang yang bermental bintang.  Anda ingin jadi trainer? Anda bisa join dengan Indonesia Inspiring Movement (I2Move).

Tuliskanlah kelima langkah tersebut. Renungkan.  Baca lagi dan sempurnakanlah. Bila sudah yakin, sampaikanlah kepada orang-orang yang Anda percaya. Setelah Anda mendapat feed back dari mereka, sempurnakanlah kembali Proposal Hidup itu. Sudah Yakin? Bila sudah, berdoalah setiap saat agar Proposal Hidup Anda mewujud.

Ayo buat dan realisasikan Proposal Hidup Anda. Bila tidak, hidup Anda sebenarnya sedang menjalankan Proposal Hidup orang lain.

Salam SuksesMulia!

6 thoughts on “Proposal Hidup

    • boleh dibuat yang lebih serius Din. sebenarnya kita udah sering membuat proposal hidup itu, cuma kadang gak sadar dan sudah banyak terwujud.. ( seklaian ngoprak ngoprak awake dewe yang juga belum bisa serius dan mendetil membuatnya ) coba aja liat webnya kakek itu. hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s